Dampak Perilaku Seksual

Dampak dari Perilaku Seksual

Menurut Sigmund Fund perilaku seksual merupakan bagian integral dari perkembangan seseorang. Ketika perilaku ini masih bersifat sebagai dorongan hal ini masih sangat wajar dan normal dari perkembangan remaja. Namun, dia bisa jadi perilaku berisiko ketika dilakukan pada usia yang masih sangat muda dan tanpa mengetahui konsekuensi dan resiko yang akan muncul dari perilaku seksual.

Setiap perilaku pasti ada dampak yang ditimbulkan ya sobat, begitupun perilaku seksual ada banyak dampak yang ditimbulkan dari perilaku seksual ini apalagi perilaku seksual yang tidak sehat. Berikut dampak yang ditimbulkan dari perilaku seksual.

1.Berfantasi

Aktivitas seksual ini bisa mempengaruhi seseorang untuk melakukan aktivitas seksual selanjutnya seperti : masturbasi, berciuman dan lain sebagainya. jika dibiarkan terlalu lama, maka akan mempengaruhi seseorang untuk tidak melakukan kegiatan yang positif lainnya karena waktu yang digunakan akan terbuang sia-sia disebabkan terlalu banyak berfantasi. Namun perilaku berfantasi ini tidak beresiko menimbulkan penyakit ya sobat.

2. Berpegangan tangan

Aktivitas ini memang tidak terlalu menimbulkan rangsangan seksual yang kuat, namun biasanya muncul keinginan untuk mencoba aktivitas seksual lainnya untuk dapat mencapai kepuasan yang diinginkan

3. Meraba

Aktivitas meraba ini dapat menimbulkan rangsangan secara seksual. namun jika salah satu merasa tidak menginginkan aktivitas ini maka timbul perasaan merasa dilecehkan oleh pasangan yang melakukan aktivitas ini.

4. Berpelukan

Aktivitas ini biasanya sering menimbulkan perasaan yang aman, nyaman dan tenang. Namun aktivitas ini juga dapat menimbulkan rangsangan seksual yang bisa membawa seseorang melakukan aktivitas seksual yang lainnya.

5. Masturbasi

Aktivitas ini dapat menimbulkan perasaan bersalah setelah melakukannya. jika aktivitas ini dilakukan berulang dan sering akan berdampak pada tubuh yang biasanya mengalami kelelahan. Dan juga jika seseorang yang melakukan aktivitas masturbasi ini menggunakan alat-alat yang membahayakan akan menyebabkan infeksi pada kelamin.

6. Petting

Aktivitas seksual ini berpeluang besar menimbulkan terinfeksi IMS apalagi jika aktivitas ini dilakukan secara tidak sehat. Selain itu juga petting bisa menyebabkan kehamilan. Jika aktivitas ini dilakukan secara kasar aktivitas ini juga akan menimbulkan lecet pada kelamin.

7. Seks Vaginal

Aktivitas seksual yang satu ini dapat menyebabkan kehamilan. Jika dilakukan dengan atau tanpa persetujuan masing-masing dan yang melakukannya belum ada persiapan dalam diri maka sering berdampak pada kehamilan yang tidak diinginkan (KTD), aborsi atau kematian. Aktivitas ini juga berpeluang besar menimbulkan infeksi IMS dan HIV jika yang dilakukan secara tidak sehat. Beberapa orang akan mengalami perasaan bersalah atau berdosa setelah melakukan aktivitas ini terutama pada orang yang melakukannya pertama kali dan melakukannya tanpa persiapan yang matang serta tanpa persetujuan yang sadar dari masing-masing pihak yang melakukannya.

Jadi sobat jika kalian ingin melakukan perilaku seksual maka harus paham dan pelajari dulu dampak yang akan terjadi. sehingga dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dapat kalian hindari dan kalian cegah. 

—————————

REFERENSI

Global Early Adolescent Study (GEAS), Kesehatan Remaja Awal di Kota Bandar Lampung, Yogyakarta : UGM, 2020.

Rutgers WPF Indonesia, Modul Setara (Semangat Dunia Remaja), Jakarta : Rutgers WFH Indonesia.

Leave A Reply