JENIS PENYEBAB DAN GEJALA INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS)

Haiii Sobat!! IMS adalah sebuah penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang yang lainnya melalui hubungan seksual. Meskipun demikian beberapa penyakit menular seksual dapat ditularkan melalui pemakaian jar8um suntik yang tidak steril, tranfusi darah dan dari ibu kepada banyinya melalui proses melahirkan dan menyusui.

IMS akan lebih mudah menularkan atau ditularkan terhadap seseorang yang melakukan hubungan seksual yang tidak sehat. Seperti, sering berganti-ganti pasangan saat hubungan seksual, tidak memakai kondom dan lainnya.

Berikut berbagai jenis IMS beserta penyebab dan gejala yang ditimbulkan.  

  •  Gonore atau GO (Kencing Nanah)

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri Neisseria Gonorhea. Biasanya Gejala yang ditimbulkan pada laki laki yaitu keluar cairan berwarna putih kekuning kehijauan, rasa panas, gatal dan nyeri. Sedangkan gejala pada perempuan yaitu keputihan, cairan vagina kental kekuningan, rasa nyeri pada rongga panggul dan sakit diwaktu haid.

  • Sifilis (Raja Singa)

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri Treponema Palidium. Biasanya Gejala yang ditimbulkan adalah Luka yang biasanya luka tunggal pada kemaluan tanpa rasa nyeri dan terkadang sembuh dengan sendirinya. Timbul bintil/bercak merah ditubuh namun tidak memiliki gejala klinis yang jelas. Kemudian biasanya terjadi kelainan syaraf jantung, pembuluh darah dan kulit.

  • Kandidiasis

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Candida Albicans. Biasanya Gejala yang ditimbulkan pada laki laki yaitu muncul keluhan gatal dan bintik-bintik merah di penis dan sektitarnya. Sedangkan gejala yang ditimbulkan pada perempuan adalah keputihan berwarna putih susu, bergumpal, gatal, panas, kemerahan di sekitar vagina.

  • Klamidia

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri Chlamydia Trachomatis. Biasanya Gejala yang ditimbulkan berupa keputihan, neri atau pendarahan setelah hubungan seksual dan biasanya menyerang saluran kencing dan leher rahim (serviks).

  • Herpes Genitalis 

Penyakit ini disebabkan oleh Virus Herpes Simplex. Biasanya Gejala yang ditimbulkan berupa bintil-bintil berkelompok seperti anggur yang sangat nyeri pada kemaluan, Tetapi jika pecah akan meninggalkan luka kering dan akan hilang dengan sendirinya.

  • Trikomonas Vaginalis

Penyakit ini disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus). Biasanya Gejala yang ditimbulkan berupa tonjolan seperti jengger ayam yang timbul disekitar alat kelamin. Bahkan pada perempuan biasanya timbul hingga dibagian dalam liang vagina dan serviks atau bahkan di bagian dubur.

  • AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome)

Penyakit ini disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). Biasanya penyakit ini tidak menimbulkan gejala 5-10 tahun dari saat tertular virus atau hingga munculnya infeksi oportunistik seperti flu dan diare yang tak kunjung sembuh, jamur dimulut, berat badan turun. tanda tersebut sebagai tanda menurunnya kekebalan tubuh. Penyakit ini hanya bisa diketahui melalui tes dan konseling dengan cara sukarela.

Nah, berikut beberapa jenis IMS penyebab serta gejala yang bianya ditimbulkan. Untuk kalian yang sudah seksual aktif harus banyak belajar terkait IMS ini ya Sobat.  Karena menurut data Global Early Adolescent Study di Bandar Lampung hanya 24% remaja dari 1414 responden yang memiliki pengetahuan mengenai IMS. Jadi mimin harap kalian harus banyak belajar ya Sobat agar kita bisa mengenali penyebabnya dan dapat menghindari penyakit yang muncul.

Semoga bermanfaat sobat!! Terima Kasih

————————

REFERENSI

Global Early Adolescent Study (GEAS), Kesehatan Remaja Awal di Kota Bandar Lampung, Yogyakarta : UGM, 2020.

Rutgers WPF Indonesia, Modul Setara (Semangat Dunia Remaja), Jakarta : Rutgers WFH Indonesia.

Leave A Reply