KEKERASAN DALAM PACARAN

Pacaran merupakan hubungan pertemanan yang melibatkan emosi dan romantisme antara satu individu dengan individu lainnya. Namun pada kenyataannya sangat disayangkan bahwa sebagian orang melakukan kekerasan pada suatu hubungan pacaran. Pada saat ini Angka kekerasan dalam pacaran cenderung menunjukkan peningkatan. Oleh karenanya perlu adanya bekal pengetahuan yang memadai mengenai Apa itu kekerasan dalam pacaran dan bagaimana tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari atau bahkan menghentikannya. Nah sobat yuk kita bahas tentang kekerasan dalam pacaran.

DEFINISI KEKERASAN DALAM PACARAN

Kekerasan dalam pacaran merupakan tindakan atau aksi yang dilakukan seseorang terhadap pacarnya dikarenakan dia sudah berpikir bahwa atas nama cinta maka pasangannya atau pacarnya bisa diperlakukan apa saja. Kekerasan dalam pacaran ini bisa dilakukan oleh siapa saja, Akan tetapi dalam struktur budaya masyarakat yang masih sangat kental dengan nilai-nilai partriaki maka seringkali perempuan berada pada pihak yang dirugikan. Meskipun tidak menutup kemungkinan laki-laki pun dapat menjadi korban kekerasan dalam pacaran.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kekerasan dalam pacaran namun Faktor yang paling dominan adalah adanya relasi kuasa yang tidak seimbang antara pasangan, sehingga seseorang merasa berhak melakukan apa saja terhadap pacarnya. Faktor ada juga beberapa bentuk kekerasan dalam pacaran yang bisa terjadi misalnya kekerasan secara fisik, psikis dan seksual.

BENTUK-BENTUK KEKERASAN DALAM PACARAN

  • Kekerasan Fisik. Antara lain : menampar, memukul, menarik rambut,melukai dengan senjata dan lain-lain. Biasanya kekerasan fisik meninggalkan bekas-bekas seperti memar di muka atau beberapa bagian tubuh lainnya yang menerima perlakuan kasar, luka terbuka dan bekas luka lainnya 
  • Kekerasan Psikis. Antara lain berupa penganiayaan secara emosional kamu seperti penghinaan komentar-komentar yang dimaksudkan untuk merendahkan dan melukai harga diri dan makian.  Selain itu, bentuk lain kekerasan psikis seperti tidak mengizinkan pasangan untuk melakukan kegiatan dengan tujuan untuk melakukan pembatasan pembatasan, mengancam, menyebarkan foto perilaku seksual karena diputus sepihak dan lain sebagainya. akibat yang dimunculkan korupsi tak bisa terlihat secara kasat mata tapi berupa trauma yang bisa berefek jangka panjang antara lain akan muncul perasaan minder, tidak percaya diri, tertekan atau depresi dan  kekhawatiran kekhawatiran untuk melakukan suatu kegiatan bahkan bisa menjadi orang yang menarik diri dari pergaulan.
  • Kekerasan Seksual. Antara lain : mencium, Berapa bagian tubuh pasangan secara paksa termasuk juga memaksa pasangan untuk melakukan hubungan seksual dengan alasan bukti cinta dan sayang. Dampak dari kekerasan seksual salah satunya adalah kehamilan yang tidak diinginkan titik Sebagaimana telah dibahas sebelumnya kehamilan yang tidak diinginkan dapat berakibat jangka panjang seperti menggagalkan rencana masa depan karena dikeluarkan dari sekolah. 

STRATEGI MENGHINDARI KEKERASAN DALAM PACARAN

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh kita untuk menghindari kekerasan dalam pacaran.

  1. Kembangkan citra diri yang positif. remaja yang memiliki citra diri yang positif cenderung akan menilai dirinya secara baik dan karenanya tidak mudah tunduk pada ancaman orang termasuk pacarnya sendiri.
  2. Buatlah batasan yang jelas dengan pacar misalnya  dengan mengatakan tidak kepada segala bentuk kekerasan. Apabila seorang remaja menjadi korban kekerasan dalam pacaran maka segera tinggalkan hubungan tersebut. Karena biasanya perilaku akan memanipulasi perasaan korban di mana korban dibuat merasa kasihan terhadap pelaku sehingga cenderung memaafkan pelaku. Ingat yakinkan kepada diri bahwa tidak ada toleransi terhadap kekerasan.
  3. Beritahu orang tua atau orang dewasa yang dipercaya apabila remaja melakukan pacaran. Dengan melibatkan orang tua maka pelaku akan berpikir ulang untuk melakukan tindakan kekerasan.
  4. Pertimbangkan kembali alasan kenapa kita harus pacaran. Ingat, pacaran bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan remaja. Masih banyak hal positif lain yang bisa lakukan selain pacaran.

Yuk sobat pelajari makna pacaran yang sebenarnya dan jangan beri  toleransi terhadap kekerasan. 


REFERENSI

Global Early Adolescent Study (GEAS), Kesehatan Remaja Awal di Kota Bandar Lampung, Yogyakarta : UGM, 2020.

Rutgers WPF Indonesia, Modul Setara (Semangat Dunia Remaja), Jakarta : Rutgers WFH Indonesia.

Leave A Reply