PERILAKU KEKERASAN??

Dewasa ini tindak kekerasan sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Kekerasan terjadi dimana saja dan siapapun bisa menjadi pelaku dan korban yang dimana kita menganggap tidak mungkin terjadi. Pada kenyataannya kekerasan sering kita lihat bahkan anak-anak usia dini pun bisa menjadi pelaku dalam tindak kekerasan. Pada artikel ini kita akan membahas definisi kekerasan, jenis kekerasan dan penyebab terjadinya kekerasan. Diharapkan dengan kita mengetahuinya akan membuat kita terhindar dari tindak pelaku kekerasan atau terhindar dari menjadi pelaku kekerasan.

DEFINISI KEKERASAN

Kekerasan menurut Violence Prevention Alliance adalah sebuah perilaku yang direncanakan yang menggunakan kekuatan fisik, kekuasaan, ancaman baik yang dilakukan kepada diri sendiri, kepada orang lain atau kepada satu kelompok atau komunitas tertentu.  Kekerasan ini biasanya mengakibatkan luka, kerusakan psikologis, keterbelakangan, perasaan merasa kekurangan bahkan hingga meninggal dunia. Dengan kata lain kekerasan merupakan perilaku yang dapat merugikan seseorang mulai dari fisik dan mental.

JENIS-JENIS KEKERASAN

WHO (World Health Organization) membagi kekerasan menjadi 3 jenis:

  • Kekerasan pada diri sendiri, pada kekerasan jenis ini pelaku dan korban adalah orang yang sama.  Pelaku merupakan dirinya sendiri yang melukai dirinya sendiri. Kekerasan tipe ini seringkali berakhir pada perilaku menyakiti diri sendiri melukai diri hingga bunuh diri.
  • Kekerasan interpersonal, Kekerasan ini seringkali terjadi dan seringkali terlihat di depan mata kita. Kekerasan ini terjadi dan dilakukan di lingkungan dekat seperti keluarga, saudara, lingkungan, pasangan, teman bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun. Kekerasan ini seringkali terjadi disebabkan karena relasi kuasa yang tidak seimbang, dimana biasanya orang yang punya kuasa lebih akan melakukan kekerasan pada seseorang yang dianggap lemah atau tidak memiliki kuasa. Contoh terdekat dari   perilaku kekerasan jenis ini adalah perilaku kekerasan yang dilakukan suami terhadap istri atau perilaku kekerasan yang dilakukan orang tua terhadap anaknya atau juga perilaku kekerasan yang dilakukan atasan terhadap bawahan nya. Walaupun tidak semua suami melakukan kekerasan atau tidak semua orang tua melakukan kekerasan terhadap anak tetapi biasanya perilaku kekerasan dilakukan oleh orang yang punya kuasa lebih.
  • Kekerasan kolektif,  Perilaku kekerasan jenis ini biasanya dilakukan oleh satu kelompok kepada kelompok lainnya. Perilaku ini biasanya juga dikarenakan relasi kuasa yang tidak seimbang dimana kelompok yang lebih dominan akan melakukan kekerasan terhadap kelompok yang lebih lemah. Kekerasan pada jenis ini biasanya dilakukan karena perbedaan status ekonomi tingkat pendidikan sudut pandang atau masih banyak yang lainnya.

PENYEBAB KEKERASAN

Dalam hal ini banyak sekali penyebab terjadinya perilaku kekerasan namun biasanya rapuh kekerasan disebabkan oleh beberapa faktor.Seperti rasa frustasi yang mendalam terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan, kekerasan yang terjadi di lingkungan keluarga atau di lingkungan sekitar. Tayangan kekerasan yang semakin permisif yang dipertontonkan oleh media dan semakin banyak diperlihatkan oleh media sosial merupakan salah satu faktor pula penyebab terjadinya perilaku kekerasan.  Faktor balas dendam karena telah menjadi korban biasanya setelah menjadi korban akan menjadi pelaku karena merasa ingin balas dendam terhadap pelaku yang dia dapatkan sebelumnya.  Faktor keadaan seperti faktor kemiskinan, faktor sosial pada masyarakat menjadi penyebab tindak kekerasan semakin menjamur. Budaya patriarki juga acapkali menjadi faktor penyebab dalam tindakan kekerasan.

YUK GUYS LAWAN PERILAKU TINDAK KEKERASAN DENGAN TIDAK MENJADI PELAKU KEKERASAN!!


REFERENSI

Global Early Adolescent Study (GEAS), Kesehatan Remaja Awal di Kota Bandar Lampung, Yogyakarta : UGM, 2020.

Rutgers WPF Indonesia, Modul Setara (Semangat Dunia Remaja), Jakarta : Rutgers WFH Indonesia.

WHO.(2019). Definition and typologyof violence.

Retrieved from (https://www.who.int/violenceprevention/approach/definition/en/).

Leave A Reply