Bandar Lampung (30/5/23) Berpusat di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung atau disingkat UBL, PKBI Daerah Lampung teken MOU dengan Universitas Bandar Lampung pada hari ini Selasa, 30 Mei 2023. Penandatangan dilakukan oleh Direktur Eksekutif PKBI Lampung Muhammad Fajar Santoso, SH dan Kepala Studi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagan Anak Universitas Bandar Lampung (SP3A-UBL) Dr. S Endang Prasetyawati, SH, MH yang di saksikan langsung oleh Rektor Universitas Bandar Lampung Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusaman, M.B.A beserta para wakil rektor dan Dekan Fakultas serta para stakeholder dan mahasiswa. Kesepakatan yang terjadi antar kedua belah pihak berkaitan dengan pengembangan SDM terkait permasalahan khusus perempuan dan anak dan juga peningkatan kualitas pada pelaksanaan pendidikan serta dapat berkolaborasi terkait permasalahan perempuan dan anak.

Rektor Universitas Bandar Lampung memberikan Pernyataan dalam sambutan nya, bahwa mulai saat ini PKBI Lampung merupakan mitra bagi UBL dalam pengembangan SDM dan pencegahan dan penanganan kekerasan Seksual. Rektor menjelaskan bahwa UBL sangat peduli terhadap tindak kekerasan seksual sebagai contoh UBL telah menerapkan peraturan bahwa ruangan dosen tidak boleh tertutup, interaksi antar dosen dan mahasiswa tidak di tempat tertutup, dan lain sebagainya, dan diharapkan dengan kerjasama ini merupakan bentuk komitmen dari kampus untuk pencegahan dan penanganan tindak kekerasan seksual.

Direksda PKBI Lampung dalam sambutan nya, sangat berharap dengan terjalinya kerjasama ini dapat bersama-sama merumuskan masalah terkait pencegahan dan penanganan kasus – kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di lingkungan Kampus dan masyarakat. Direktur Fajar “Sapaan nya” juga memperkenalkan PKBI dan menjelaskan sejarah terbentuknya PKBI dan kiprahnya pada masyarakat selama ini.

Selain penanda tanganan MOU kampus Universitas Bandar Lampung menyelenggarakan seminar ” Upaya Pencegahan¬† Tindak Pidana Kekerasan Seksual Di Kampus” dengan Regina Locita Pratiwi, A.md. Keb yang merupakan Manager Klinik Ragom Kencana PKBI Lampung sebagai Pemateri.(mhi)