Bandarlampung (25/02/2024) – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Lampung sukses menyelenggarakan Musyawarah Daerah yang Ke-11 pada 24 – 25 Februari 2024 bertempat di Aula PKBI Daerah Lampung Jl. Abdinegara No.1 Gulak Galik Bandarlampung.

MUSDA kali ini berlangsung dengan khidmat dan lancar, dihadiri oleh Ketua PKBI Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua II PKBI Nasional dr. Soeharijanto Ary Soekadi, M.PsiT. Perwakilan Eksekutif PKBI Nasional, serta jajaran pengurus daerah dan cabang PKBI Lampung, stakeholder dan mitra jaringan.

Penyelenggaraan MUSDA kali ini diawali dengan penyelenggaraan Seminar Nasional yang bertajuk “Kolaborasi PKBI dan BKKBN dalam Pencegahan Stunting demi Indonesia Emas 2045” yang dimana PKBI Lampung menyajikan 3 pemateri yaitu Kepala BKKBN RI Bpk. Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), bpk dr. Soehariyanto Ary Soekadi, M.PsiT dari PKBI Nasional dan Ibu Eka Yulista Dewi, ST.MT dari BAPPEDA Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya ketua PKBI Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua II dr. Soeharijanto Ary Soekadi, M.PsiT menyampaikan bahwa berdasarkan hasil MUNAS PKBI tahun 2023 menyepakati perubahan penyelenggaran pemilihan pengurus di berbagai tingkatan PKBI dimulai nasional, Daerah hingga cabang. tidak lagi menggunakan sistem formatur tetapi seluruh pengurus dipilih secara langsung. Dalam sambutannya juga dokter Ary menyampaikan bahwa PKBI sebagai NGo tertua di Indonesia dalam perkembanyannya sudah menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

Dalam 5 Tahun terakhir PKBI daerah Lampung dalam kiprahnya terus memperjuangkan Hak kesehatan Seksual dan Reproduksi guna mencapai visi Mewujudkan Keluarga Indonesia yang bertanggung jawab dan inklusif. PKBI Lampung telah banyak melahirkan relawan relawan yang profesional dan inovatif yang memiliki kepedulian terkait HKSR.

MUSDA PKBI Lampung sebagai forum tertinggi di tingkat daerah yang dihadiri oleh pengurus cabang PKBI se-Lampung berwenang untuk mengesahkan laporan pertanggung jawaban pegurus derah, melaksanakan pemilihan pengurus daerah selanjutnya untuk periode 3 tahun kedepan, dan menetapkan RENSTRA serta kebijakan organisasi.

Pada akhir gelaran MUSDA XI PKBI Lampung terpilih pengurus daerah PKBI Lampung masa bhakti 2024 – 2027 yaitu :

  • Ketua : dr. H. Wirman, M.kes
  • Sekretaris : Ir. Budisantoso Budiman
  • Wakil Sekretaris I : Dr. Wayan Aryawati, SKM, M.Kes
  • Wakil Sekretaris II : Muhammad Rendi
  • Bendahara : Elisabeth Sri Puryanti, M.Pd
  • Wakil Bendahara : Putri Charlly
  • Wakil Ketua 1 (Bidang Hukum & Kebijakan Publik) : Yessa Febriana, SH
  • Wakil Ketua 2 (Bidang Bidang Program Strategis : Medik, Psikososial, dan Humanitarian) : Yulianto, SKM., M.Kes
  • Wakil Ketua 3 (Bidang Pelatihan, Komunikasi, dan Manajemen Resiko) : Ir. Herdi Mansyah, A.I.B
  • Wakil Ketua 4 (Bidang Remaja dan Organisasi) : Wahyu Nur Abadi
  • Wakil Ketua 5 (Bidang Mobilisasi dan Sumberdaya Organisasi) : Ns. Titi Astuti, M.Kep, Sp.Mat.