Halo warei PKBI Lampung

Yuk kenalan dengan Forum Remaja Cegah Stunting Desa Cilimus, Pesawaran!

Forum Remaja Cegah Stunting Desa Cilimus merupakan forum yang didirikan oleh PKBI Lampung sebagai upaya untuk melibatkan remaja secara aktif pada kegiatan GEGATI (Gerakan Cegah Stunting) yang saat ini fokus dilaksanakan di Desa Cilimus, Pesawaran. Dalam forum kali ini membahas terkait Hak Kesehatan dan Seksual Reproduksi, membicarakan topik tentang kesehatan seksual dan reproduksi seringkali masih dianggap tabu di kalangan remaja. Padahal, remaja menjadi kelompok yang paling rentan untuk terpapar efek negatif apabila tidak memiliki kesadaran penuh pada kesehatan seksual dan reproduksi.

Nah, kali ini yuk kenalan dengan beberapa anggota Forum Remaja Cilimus dan penjelasannya terkait pembahasan forum kali ini yang diantaranya kak Okta, kak Kasih, kak Yusuf, dan kak Ariani.

“Hai semuanya saya Okta, perlu kita ketahui bahwa sebagai remaja kita memiliki Hak dan salah satunya adalah Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) yang merupakan hak setiap individu untuk dapat mengambil keputusan terkait aktivitas seksual dan reproduksi kita tanpa adanya diskriminasi dan kekerasan.”

Tidak hanya itu, kak Kasih juga mengingatkan nih betapa pentingnya kita menjaga kesehatan reproduksi
“Menjaga dan memahami kesehatan reproduksi itu penting banget khususnya untuk teman-teman remaja nih supaya kita tidak terjerumus ke pergaulan yang bebas yang dapat beresiko pada kesehatan reproduksi kita.”

Kak Yusuf juga menambahkan bahwa dengan memahami kesehatan reproduksi kita bisa terhindar berbagai penyakit beresiko
“Dengan memahami kesehatan reproduksi dengan baik maka kita dapat terhindar dari IMS (Infeksi Menular Seksual), dan Intertilitas. Kalau kita tidak memahami kita dapat terbawa ke pergaulan bebas, seks pra nikah, dan melakukan tindakan ekstrim seperti aborsi yang membahayakan kesehatan.”

Kak Ariani juga berpesan nih untuk kita semua memahami tentang kesehatan reproduksi dan HKSR
“Oleh karena itu, yuk teman-teman remaja kita pahami tentang kesehatan reproduksi dan HKSR, karena tubuh kita adalah milik kita dan kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya.”